Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Menerima Penghargaan Universal Health Coverage

Avatar photo

- Jurnalis

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GRAFITI.ID – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menerima penghargaan Universal Health Coverage  (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Award dari Presiden Republik Indonesia, karena dianggap sukses dalam penyelenggaraan program JKN-KIS di Bumi Andan Jejama.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, penghargaan ini didasari dari telah tercapainya cakupan kepesertaan UHC Kabupaten Pesawaran dalam program JKN-KIS diatas 95% dari total jumlah penduduk Kabupaten Pesawaran dan telah disepakati dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran dengan BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung.

“Ini semua merupakan bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Pesawaran, dan juga untuk menjamin masyarakat kita mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak,” ujarnya. Selasa 14 Maret 2023.

Dendi mengatakan, penghargaan UHC JKN-KIS didapat selama pelaksanaan program pemerintah pusat dalam menyelenggarakan JKN-KIS, dalam mengcover kesehatan masyarakatnya sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2020, yang mana pemerintah telah mentargetkan cakupan kepesertaan Jaminan Sosial di Indonesia minimal 98% dari total penduduk pada tahun 2024.

“Kita telah mengcover masyarakat hingga mencapai cakupan kepesertaan UHC Program JKN-KIS, Kabupaten Pesawaran sampai dengan Februari 2023 telah mencapai 460.825 jiwa atau sebesar 96,29% menggunakan JKN-KIS dari jumlah total penduduk Kabupaten Pesawaran 478,558 jiwa berdasarkan data BPJS Kesehatan,” ujar dia.

Menurutnya, Pemkab Pesawaran telah menjamin bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas ataupun RSUD, akan langsung aktif BPJS nya 1X24 jam.

Baca Juga :  Enmeru : Siap Berselancar Di Arena Musda KNPI Pesawaran

“Jadi masyarakat Pesawaran jangan takut lagi untuk datang ke fasilitas kesehatan karena keterbatasan biaya, Pemkab menjamin yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas ataupun RSUD akan langsung aktif BPJS nya 1X24 jam,” kata dia.

Kedepan harapan Bupati dengan kesadaran masyarakat Pesawaran, kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Pesawaran bukan hanya kunjungan sakit, tetapi juga kunjungan sehat.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan, dirinya mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Kesehatan nasional.

“Dengan adanya JKN ini, terbukti memberikan dampak positif terutama dengan terbukanya akses dan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia,” katanya.

Berita Terkait

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik
Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya
Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024
Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi
Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan
Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024
Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode
Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI
Berita ini 29 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:30 WIB

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:47 WIB

Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya

Minggu, 12 Mei 2024 - 11:10 WIB

Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024

Minggu, 21 April 2024 - 08:35 WIB

Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi

Sabtu, 20 April 2024 - 20:53 WIB

Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan

Jumat, 12 April 2024 - 20:43 WIB

Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024

Minggu, 7 April 2024 - 15:58 WIB

Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode

Senin, 5 Februari 2024 - 22:10 WIB

Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI

Berita Terbaru

Nadirsyah Bakal calon wakil Bupati Tulang Bawang Barat usai mengikuti fit and propert test di DPD Hanura Lampung. Foto : Wildanhanafi /berandalappung.com

Nasional

Novriwan-Nadirsyah Kandidat Kuat Pilkada Tubaba 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 16:47 WIB