Milenial Asal Pesawaran, Ciptakan Lagu “Penyampai Khasa” Begini Kisahnya

Avatar photo

- Jurnalis

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERANDALAPPUNG.COM – Dibalik Viralnya Lagu Lampung yang bejudul “Penyampai Khasa”, ternyata memiliki kisah sangat dalam yang tertuang pada setiap liriknya. Berawal dari curhatan seorang sahabat yang sedang memiliki problem dikehidupan pribadinya, sampai terciptalah lagu romantis, tentang rindu, dan kesedihan.

 

Melalui tangan seniman lokal asal kabupaten Pesawaran yang akrab disapa Kimas Muda, kata demi kata curhatan sahabat itu terangkai menjadi lirik dan lagu. Sungguh tak disangka, lagu tersebut baru-baru ini sangat viral di media sosial tiktok khususnya dikalangan pengguna asal Lampung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Siapakah seorang sahabat tersebut, mungkin banyak orang mulai bertanya siapakah dia.

Meskipun berat untuk diungkapkan, Kimas Muda akhirnya buka suara terkait sosok itu yang ternyata tidak lain adalah penyanyi dari single Lagu Lampung yang berjudul Penyampai Khasa itu sendiri yakni Putra Ramadhan.

 

“Ya benar, sosok sahabat tersebut adalah Putra Ramadhan, aslinya dia juga berasal dari Pesawaran. Beberapa tahun lalu dirinya datang kerumah saya dan bercerita tentang permasalahan yang sedang menimpanya. Mungkin menurutnya dengan bercerita kepada orang yang bisa dipercaya bisa membuatnya lega,” ungkap Kimas Muda, Sabtu (12/8/2023).

 

Saat itu, sambung Kimas Muda, dirinya ikut prihatin apa yang menimpa sahabatnya itu. Namun sabagai seorang sahabat yang usianya lebih tua, Kimas Muda mencoba memberikan masukan agar Putra Ramadhan tidak larut dan segera bangkit kembali.

Baca Juga :  Riana Sari Arinal: Lampung tak Miliki Tradisi Membatik, Tapi Punya Kain Sebage

 

“Dari hasil curhatan itu, terciptalah beberapa lagu saya buat, namun saya bingung siapa yang pantas membawakannya. Lalu saya berfikir kenapa tidak Putra saja yang menyayikan. Seiiring berjalannya waktu akhirnya saya bisa menghubunginya kembali dan memintanya untuk membawakan lagu tersebut,” kata Kimas Muda yang juga sebagai Sutradara dari Channel Youtube Kreator Bumi Lampung (Kebung).

 

Meskipun Putra Ramadhan bersedia membawakan lagunya, menurut Kimas Muda keadaannya saat itu justru sulit untuk meluangkan waktu bertemu karena kesibukan dan jarak Putra yang sudah menetap beraktivitas di Kota Bandar Lampung.

 

Dengan cara mencari waktu luang, akhirnya Kimas Muda bisa mendatangkan Putra Ramadhan datang ke rumahnya di Desa Kubu Batu, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, untuk menggarap lagu “Penyampai Khasa” tersebut.

 

Jiwa seniman yang dimiliki Kimas Muda mampu meberikan sentuhan tersendiri dalam membuat nada, dibantu oleh Dwi seorang Arranger yang kebetulan sebagai tetangga balakang rumah, serta kekuatan karakter vocal yang dimiliki Putra Ramadhan menjadikan lagu Penyampai Khasa mudah diterima dikalangan masyarakat pecinta lagu Lampung khususnya anak-anak muda yang mana mereka sangat kekurangan asupan lagu-lagu Lampung terbaru.

 

Saat ini lagu tersebut sangat diterima dan mulai sering dinyanyikan serta dipakai sebagai backsound untuk vidio atau foto yang di posting teman-teman pemuda Lampung di media sosial.

Baca Juga :  Masa Depan Bahasa Lampung Menghawatirkan?

 

Ditempat berbeda, Putra Ramadhan menambahkan bahwa ada tiga lagu yang diciptakan oleh Kimas Muda untuknya. Lagu itu bejudul Penyampai Khasa, Salam Tikham, dan Dipulaju.

 

“Sementara ada tiga lagu, yang sudah Viral saat ini adalah Penyampai Khasa, Salam Tikham mngikuti, dan yang akan segera dirilis berjudul Dipulaju. Semoga single-single lagu tersebut bisa sangat diterima khusunya oleh masyarakat Lampung. Dengan alur cerita lagu yang familiar, kami berharao mampu merangsang anak muda di Lampung untuk kembali menyukai dan bersama-sama membumingkan lagu-lagu Lampung,” papar Putra, Minggu (13/8/2023).

 

Tidak hanya itu, Putra Ramadhan dan Kimas Muda berencana akan membuatkan film pendek Lampung yang mengadopsi cerita dari tiga lagu tersebut.

 

“Ya, dalam waktu dekat ini kami berkeinginan membuat film dari cerita lagu tersebut. Semoga keinginan itu bisa terwujud, mohon doa dan suport dari kawan-kawan semua agar apa yang diharapkan bisa tercapai. Tidak lupa, kita sangat terbuka memberikan kesempatan bagi teman-teman yang memiliki bakat akting untuk dapat berkontribusi sebagai talent dalam film pendek Lampung yang akan dibuat nanti,” pungkasnya,(*).

Berita Terkait

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik
Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya
Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024
Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi
Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan
Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024
Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode
Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI
Berita ini 23 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:30 WIB

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:47 WIB

Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya

Minggu, 12 Mei 2024 - 11:10 WIB

Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024

Minggu, 21 April 2024 - 08:35 WIB

Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi

Sabtu, 20 April 2024 - 20:53 WIB

Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan

Jumat, 12 April 2024 - 20:43 WIB

Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024

Minggu, 7 April 2024 - 15:58 WIB

Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode

Senin, 5 Februari 2024 - 22:10 WIB

Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI

Berita Terbaru

Nasional

Bawaslu Lampung Fokus Pengawasan Politik Uang di Pilkada 2024

Jumat, 21 Jun 2024 - 17:48 WIB

Tangkap Layar YouTube Kemendagri.

Nasional

Resmi, Samsudin di Lantik Menjadi PJ Gubernur Lampung

Rabu, 19 Jun 2024 - 11:51 WIB