Refleksi akhir Tahun: Unila Terakreditasi “UNGGUL”, Untuk Lampung yang Lebih Baik

Avatar photo

- Jurnalis

Rabu, 27 Desember 2023 - 07:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tidak terasa, kita mulai menapaki akhir tahun dan menyambut tahun baru 2024. Akhir tahun selalu saja menjadi batu loncatan untuk tahun berikutnya.


Kita harus berfikir akan langkah baru yang membawa kita sedikit lebih dekat ke setiap mimpi baru.  Sepanjang tahun ini, kita telah memperoleh kebaikan,  kepercayaan diri dan kebijasanaan untuk menginspirasi hari esok yang baru.

 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Daripada kita  merenungkan penyesalan yang belum kita lakukan saat tahun ini ditutup, mari refleksikan tahun lalu untuk membantu mencapai impian baru tahun ini.

 

Salah satu pencapaian terbaik Unila tahun 2023 adalah diraihnya akreditsi UNGGUL dari BAN-PT.

 

Kini, setelah “be strong” menghadapi berbagai dinamika dan perjalanannya, kembali BAN-PT memberikatn predikat “UNGGUL” kepada Universitas Lampung.

 

Pencapaian ini paling tidak menunjukan bahwa tim aksesor  BAN-PT melihat Unila , sebagai lembaga/institusi, tetap dengan karakter yang semestinya ditunjukkan oleh setiap organisasi “Unggul”.

 

Mereka telah mencatat Unila  memiliki karekter mendasar sebagai sebuah organissi unggul. Salah satu karakter penting bagi suatu organisasi unggul adalah adanya orientasi pada mutu (quality assurance) dan konsisten memperjuangkan indikator kunci (key performance indikator) dan orientasi pada pelayanan yang memuaskan (customer sastisfaction).

Baca Juga :  Bawaslu Pesawaran Rakor, Persiapan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

 

Tentu saja tukisan inj bukan lagi bertujuan membahas apakah Unila “sudah” pantas dengan predikat “Unggul”. Sebagai sebuah refleksi akhir tahun, tulisan ini lebih mengjadirkan catatan dan masukan kepada pimpinan/pengambil keputusan  agar Universitas yang hebat ini dapat terus  mempertahankan dan menjadi lebih baik (continuous improvement).

 

Unila haruslah lebih bermanfaat seluas-luasnya, terutama untuk “Lampung” yang lebih baik seperti namanya “Universitas Lampung”.

 

Kini, dengan sertifikat akreditasi “UNGGUL” sudah ditangan, di tahun mendatang, salah satu spirit dasar yang harus dipertahiankan dan dikembangkan adalah semangat  keberpihakan kepada lokalitas.

 

Luar biasa, tahun ini Unila sudah membuka  program studi Di luar Kampus Utama (DKU) di Way Kanan dan Lanoung Tengah. Hadirnya PS DKU Unila ini pastinya telah menjadikan harapan baru masyarakat lokal untuk mendapatkan akses pendidikan. Tentu saja hal ini pantas dicontoh oleh Kabupaten/kota lainnya.

Baca Juga :  PKK Pesawaran Sambangi Pulau Legundi, Guna Meningkatkan Kualitas SDM

 

Ke depan, Unila bisa menginisiasi program penerimaan mahasiswa asal “Kampung tua” Lampung.

 

Upaya ini bbekerja sama dengan pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan akses khusus untuk putra-putri asli daerah untuk mendapatkan pendidikan di Unila.

 

Beberapa tahun terakhir, saya sudah mengkomunikasikan hak yng sama untuk putra-putri asal Jabung untuk kuliah dan menjadi bintara polisi.

 

Alhamdulillah, saya mendengar sendiri dari tokoh masyarakat, bahwa Jabung kini telah jauh berubah ke arah yang lebih baik. Harus diyakini memang, cara paking baik untuk merubah suatu bangsa dan masyarakat adalah dengan pendidikan.

 

Semangat, di tahun baru ini, mari kita terus kita tunjuk bahwa Unila memang memiliki kepantasan berkarakter Unggul ! Paling tidak hari ini kita harus mengapresiasi pencapaian  ini. Selamat, selamat, selamat !Semoga kita dapat terus berbuat baik untuk LAMPUNG  yang lebih baik. “Lampung”, memang juga, diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum.

Oleh: Prof. Admi Syarif, PhD
(Guru Besar Unila dan Tukang tulis)

Berita Terkait

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik
Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya
Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024
Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi
Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan
Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024
Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode
Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI
Berita ini 22 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:30 WIB

Hancur Berkeping Palu Hakim di Hadapan Politik

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:47 WIB

Cerita Seorang Murid Tentang Mursidnya

Minggu, 12 Mei 2024 - 11:10 WIB

Strategi ‘Prabowo Efek’ Jelang Pilgub Lampung 2024

Minggu, 21 April 2024 - 08:35 WIB

Hari Kartini, Perempuan Masa Kini Tonggak Peradaban Bumi Pertiwi

Sabtu, 20 April 2024 - 20:53 WIB

Mengukir Sejarah, Bunda Eva Turunkan Angka Kemiskinan

Jumat, 12 April 2024 - 20:43 WIB

Mengawal Pilkada Serentak di Lampung Tahun 2024

Minggu, 7 April 2024 - 15:58 WIB

Tidak Diragukan, Bunda Eva Layak Dua Periode

Senin, 5 Februari 2024 - 22:10 WIB

Bakti HMI Untuk Indonesia : Refleksi 77 Tahun HMI

Berita Terbaru

Nadirsyah Bakal calon wakil Bupati Tulang Bawang Barat usai mengikuti fit and propert test di DPD Hanura Lampung. Foto : Wildanhanafi /berandalappung.com

Nasional

Novriwan-Nadirsyah Kandidat Kuat Pilkada Tubaba 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 16:47 WIB